Translate

Jumat, 27 Maret 2020

Amalan Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Agar dijauhkan dari marabahaya dan wabah penyakit yg berbahaya, ada beberapa amalan yang hendaknya kita lakukan. Apa saja, mari kita simak sebagai berikut :

1). Jaga kebersihan dan jaga kesehatan.

2). Jaga wudhu (sebagaimana wudhu kita ingin sholat)
Insya Allah dengan menjaga wudhu kita terhindar dari virus yg mematikan. Jangankan virus, dosa-dosa kita pun yg tak terlihat terhapus dengan air wudhu. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW sebagai berikut :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Rasululah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda, "Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu lalu membasuh wajahnya, maka keluarlah dari wajahnya setiap dosa akibat pandangan matanya bersama dengan air wudhu atau bersama dengan tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dosa-dosa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya bersama dengan air atau bersama denga tetesan air wudhu yang terakhir. Apabila dia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah dosa-dosa yang telah diperbuat oleh kedua kakinya bersama dengan air atau bersama dengan tetesan air yang terakhir sehingga dia terhapus dari dosa-dosanya semua" {HR. Muslim No.122}

3). Jaga sholat 5 waktu
Dengan menjaga sholat 5 waktu insya allah, Allah pun menjaga kita.

Allah SWT berfirman:

فَا ذْكُرُوْنِيْۤ اَذْكُرْكُمْ وَا شْکُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ
fazkuruuniii azkurkum wasykuruu lii wa laa takfuruun

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (QS. Al-Baqarah (2) : Ayat 152)

4). Perbanyak istighfar
Dengan memperbanyak istighfar selain dosa-dosa kita diampuni, istighfar jg bisa menjadikan jalan keluar dari setiap kesedihan, jalan keluar dari setiap kesempitan dan Allah berikan rizki dari arah yg tak disangka-sangka.

“مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ”

“Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan Allah berikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.”
(HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim)

5). Perbanyak dzikir
Dengan berdzikir kepada Allah SWT hati kita menjadi tentram.

Allah SWT berfirman :

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ ۗ
allaziina aamanuu wa tathma`innu quluubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tathma`innul-quluub

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Ra'd (13) : Ayat 28)

6). Perbanyak doa
Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali doa.

عَنْ سَلْمَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ

dari Salman, ia berkata, Rasulullah bersabda. "Tidak ada yang dapat menolak ketentuan Allah (qadha) kecuali doa. Tidak ada yang dapat membuat umur bertambah kecuali amal kebaikan ". (HR.Tirmidzi No.2139)

Doa agar dijauhkan dari wabah penyakit yang berbahaya :

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئْ الْأَسْقَامِ

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam biasa mengucapkan, "Allaahumma inni a'udzu bika minal barash wal junuun wal judzaam, wa a'udzu bika min sayy'il asqaam".
(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan keburukan penyakit-penyakit yang lain.) (HR.Abu daud No.1554)

Doa pagi dan sore/petang  (masing-masing dibaca 3x):

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي اْلأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ، وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillaahil-ladzii laa yadhurru ma'as-mihi syai-un, fil ardhi wa laa fis-samaa', wa huwas-samii'ul 'aliim.
(Dengan nama Allah, yang tidak akan berbahaya dengan namaNya, segala sesuatu di bumi dan langit, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.)
(HR. Abu Dawud 4/323, At-Tirmidzi 5/465, Ibnu Majah dan Ahmad). Lihat Shahih Ibnu Majah 2/332, Al-Allamah Ibnu Baaz berpendapat, isnad hadist tersebut hasan dalam Tuhfatul Akhyar hal. 39.

Keutamaan :
Dari Utsman bin Affan radliallahu 'anhu, beliau mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Siapa yang setiap pagi dan sore membaca doa ini 3x: (doa di atas), maka dia tidak ada sesuatupun yang membahayakan dirinya."

Tidak ada komentar: