Translate

Kamis, 12 Maret 2020

Kulit kering dan penyebabnya

Kulit kering adalah masalah yang terjadi saat lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak terhidrasi dengan baik. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, bahkan hingga pecah-pecah. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tapi paling umum terjadi pada kaki dan tangan.
Siapa pun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini. Namun, orang yang berusia lebih tua biasanya cenderung lebih rentan mengalami kulit kering. Ini karena lansia mengalami penurunan jumlah minyak sebagai pelumas alami kulit.

Apa penyebab kulit kering?

Biasanya kulit yang kering disebabkan oleh berbagai faktor seperti :

1. Iklim

Kulit akan berada dalam kondisi paling keringnya pada musim dingin, saat suhu dan kadar kelembaban udara menurun. Selain itu, iklim panas dengan kelembaban rendah juga bisa membuat kulit mengering karena dehidrasi.

2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dalam iklim apa pun bisa membuat kulit mengalami kekeringan. Pasalnya, sinar UV mampu menembus jauh ke bawah permukaan kulit hingga mengurangi kadar minyak alami.

3. Mandi air panas

Kebiasaan mandi dan berendam air panas terlalu lama bisa membuat kulit menjadi bersisik. Ini karena air panas bisa menghilangkan minyak alami kulit dan menghilangkan kelembabannya.
Oleh karena itu, jangan berlama-lama mandi meski memang enak. Hindari juga menggunakan air yang terlalu panas.

4. Sabun dan deterjen yang keras

Sabun dan deterjen yang keras memiliki berbagai zat dan kandungan yang bisa menghilangkan kelembaban kulit. Sabun mandi batangan biasanya mengandung bahan pembersih yang disebut dengan surfaktan.
Surfaktan merupakan zat pembersih yang memiliki pH basa. Produk-produk yang memiliki pH basa atau alkali bisa mengganggu lapisan kulit luar dan mencegah kulit melindungi dirinya sendiri dengan benar. Akibatnya, yang muncul justru kekeringan dan iritasi kulit.

5. Kurang minum air dalam jumlah yang cukup

Aturan minum air delapan gelas per hari bukan sekadar mitos belaka. Pasalnya, tubuh memang membutuhkan cukup cairan untuk bekerja dengan baik. Kurang minum air bisa membuat kulit menjadi kering dan tidak bercahaya.

Tidak ada komentar: