Translate

Jumat, 27 Maret 2020

Mengapa Manusia Susah Untuk Menerima Nasehat?

Jika hatinya sedang sakit, ia sulit menerima nasihat baik dan sama sekali tidak mau mendengarkan tentang agama. Apalagi melaksanakan segala macam bentuk ibadah, pasti semuanya ditinggalkan. Dan ketika hati sedang sakit, bahayanya lagi Anda akan lebih mudah untuk menerima keburukan. Gerak dan langkah Anda akan lebih banyak mengarah pada kemaksiatan.

Kenapa hati bisa sakit hingga kita sulit menerima nasihat?
Hati bisa sakit karena terlalu banyak memasukkan sesuatu yang tidak diridhoi Allah. Seperti memakan rezeki tidak halal, melihat sesuatu yang mengundang hawa nafsu dan utamanya kita terlalu cinta terhadap dunia dan banyak melupakan Allah.

Perbaikilah pola tersebut dengan memperbanyak mengingat Allah, mau memaksakan diri untuk sholat dan menghindari hal-hal yang tidak diridhoi Allah meskipun itu sepele kelihatannya. Insyaallah, hati Anda akan kembali sehat dan bersih dari dosa-dosa.

Ketika hati sehat, Anda akan lebih mudah untuk menerima nasihat dan bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Meskipun orang yang menasehati Anda umurnya jauh lebih muda atau punya prilaku buruk, tapi jika nasihatnya benar, Anda akan mematuhinya.

Jika HATI telah RUSAK, maka seluruh tubuh pun akan RUSAK.
Rasulullah bersabda,
“Ingatlah, bahwa di dalam tubuh ada segumpal darah. Jika segumpal darah itu baik (sehat) seluruh tubuh pun akan menjadi baik. Namun, jika segumpal darah itu rusak, seluruh tubuh pun akan menjadi rusak. Ketahuilah segumpal darah itu adalah hati.” (HR Bukhari)

Tidak ada komentar: