Translate

Jumat, 27 Maret 2020

Terhalangi dari Ilmu Karena Dosa dan Maksiat

Salah satu dampak dari perbuatan dosa dam maksiat adalah terhalanginya seseorang dari ilmu agama, bahkan ia juga akan diharamkan untuk memperoleh manfaat dari ilmunya tersebut. Hal itu karena Ilmu merupakan cahaya yang Allah Ta’ala tanamkan di dalam hati manusia, sedangkan dosa dan kemaksiatan itu akan memadamkan cahaya tersebut.

Lihatlah betapa banyak ilmu-ilmu yang telah kita pelajari, namun kemudian lenyap begitu saja ke dalam lembah kegelapan karena disebabkan oleh perbuatan dosa dan maksiat yang kita lakukan. Betapa banyak orang yang awalnya hafal ayat-ayat Al Quran lalu kemudian dilupakan dari hafalannya tersebut karena hatinya lebih mencintai (bergantung kepada) kemaksiatan.

Betapa banyak orang yang semangat di dalam berdakwah kepada Allah, namun dia dijauhkan dari barokah dakwahnya tersebut disebabkan karena dosa-dosa yang ia lakukan.

Imam Syafi’i rahimahullah pernah mengeluhkan tentang jeleknya hafalan yang beliau miliki kepada gurunya yang bernama Waqi’ rahimahullah.
Beliau berkata:
"Aku mengeluhkan jeleknya hafalanku kepada Waqi’. Maka beliaupun menganjurkan kepadaku untuk meninggalkan kemaksiatan. Beliau juga mengabarkan kepadaku bahwasanya ilmu itu adalah cahaya. Dan cahaya Allah tidaklah diberikan kepada pelaku kemaksiatan".

Jauhi Maksiat dan Dosa
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :
“Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjadikan balasan yang setimpal untuk manusia yang gemar melakukan dosa dengan dicabutnya hidayah dan ilmu yang bermanfaat (dari dirinya).”
(Majmu’ al-Fatawa 14/152)

Dan lihatlah tatkala suatu penduduk negeri yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala karena sebab ketakwaan mereka kepada-Nya dan jauhnya mereka dari perbuatan dosa, maka orang-orang yang datang setelah mereka pun akan ikut menuai ilmu dan juga senantiasa diliputi kebenaran dan petunjuk dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Tidak ada komentar: