Translate

Minggu, 25 Maret 2012

Pengaruh Emosi Terhadap Kesehatan

Sahabat sekalian, janganlah sekali-kali memendam perasaan jengkel, marah ataupun tertekan / stress terlalu lama, juga berusaha meluapkan kemarahan baik pada seseorang ataupun sesuatu. Jika suasana hati kurang baik dapat mempengaruhi kesehatan Anda, akan menambahkan kerutan pada wajah Anda dan membuat Anda cepat tua tanpa Anda sadari lho. Kehidupan yang naik dan turun, perasaan gembira ataupun perasaan sedih dan khawatir memiliki pengaruh bagi kesehatan. Perubahan suasana hati yang mendadak dapat menganggu aliran energi internal dan merusak organ-organ di tubuh.

Dalam ilmu kedokteran tiongkok ada istilah 7 perasaan, yaitu: gembira, marah, khawatir, sedih, takut, shock (kaget), dan pikiran. Perasaan ini tidak begitu saja dapat terdeteksi pada ekspresi wajah. Ilmu kedokteran Tiongkok percaya bahwa psikologis seseorang erat kaitannya dengan organ-organ tertentu dan aliran energi.

Perubahan dramatis (yang tiba-tiba) pada suasana hati juga dapat merusak kesehatan, mengubah arah aliran energi dengan emosi kita yang kuat.

Buku “Huang Di Nei Jing” menjelaskan perubahan energi yang dihasilkan dari suasana hati yang berbeda. Ketika orang marah, energi dalam hati akan mengalir ke atas kepala, membuat wajah memerah.

Kemarahan tiba-tiba yang ekstrim dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah, beberapa orang bahkan pingsan atau memuntahkan darah. Orang yang memiliki hipertensi (tekanan darah tinggi) bisa terserang stroke atau kerusakan syaraf otak.

Duka yang berkepanjangan, terlalu banyak kesedihan yang terlalu lama, mengkonsumsi energi di paru-paru dan dapat menyebabkan sesak napas.

Ketika orang takut dan gugup, energi ginjal mengalir ke bawah. Itu menjelaskan mengapa beberapa orang yang menahan takut menjadi mengompol.

Kejutan secara tiba-tiba mengganggu aliran energi dan energi menjadi tidak stabil dan tidak teratur. Orang-orang terlihat panik dan bahkan lenyap akal sehatnya.

Terlalu banyak berpikir - memikirkan masalah dan merenung - dan kesedihan akan menyebabkan energi di limpa mengalami kemandekan. Hal ini dapat berakibat buruk pada nafsu makan dan tidur. Seiring waktu hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

Kebahagiaan dan pandangan-pandangan positif pada diri seseorang menguntungkan kesehatannya, karena dapat melepaskan kegugupan dengan cara memperlambat aliran energi. Namun, euforia yang berkepanjangan juga tidak sehat karena terlalu banyak menarik energi dari hati. Ini dapat menyebabkan kesulitan dalam berkonsentrasi.

Oleh karena itu, Buku “Huang Di Nei Jing” menyarankan jika Anda sedang dalam keadaan tertekan atau sedih, pikirkanlah hal-hal menyenangkan dan ambil bagian dalam kegiatan atau aktivitas, hobi ( ibadah ) yang menyenangkan karena dapat membantu melipur lara. Teman-teman sekitar juga dapat membantu.
" Berusahalah mengendalikan emosimu."

1 komentar:

Adhit_Slot mengatakan...

Memang, terlalu gampang emosian itu tdk baik...
Link sobat sudah saya pasang di sidebar link sahabat saya, dengan nama Dunia Berbagi Ilmu, silahkan dicek..
Salam blogger.
^_^